Beranda · Share Manfaat ·

27 Manfaat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kayu Songga memang dikenal berfungsi sangat baik untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Beberapa Manfaat Kayu Songga ialah sebagai obat malaria, diabetes, mengatasi gangguan sistem pencernaan, penambah selera makan dan masih banyak lagi kegunaan lain yang tentunya masih terkait dengan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan mengenai tanaman obat, untuk postingan kali ini kami akan merangkum kumpulan khasiat yang bisa didapat didapat dengan memanfaatkan kayu songga sebagai obat.

27  Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Kayu Songa

Kayu Songga (Nama Latin atau ilmiah : Strychnos Ligustriana L.) yaitu sejenis tumbuhan herbal dan sering juga dikenal dengan Bidara pahit. Tanaman ini sangat terkenal pada kalangan masyarakat Bima karena memang sudah digunakan semenjak nenek moyang sebagai obat herbal. Mereka percaya bahwa tanaman ini memiliki kegunaan sangat baik dalam menyembuhkan malaria. Keseluruhan episode tanaman bisa dikonsumsi, salah satunya ialah biji dan juga batang yang diolah sebagai minuman penyegar (minuman kesehatan). Makara dengan jutaan manfaatnya, sangat tidak heran jikalau kayu songga masih eksis hingga sekarang.

Meski ada penelitian yang menyebutkan adanya manfaat dari tanaman songga, namun secara resmi masih ada keterangan yang menyimpulkannya. Makara kegunaan serta fungsinya hanya didengar dari mulut-kemulut dan sangat tidak umum atau tidak menyebar luas ibarat jenis tanaman herbal lainya. Namun mereka masih percaya dan selalu menyempatkan untuk mengkonsumsi ramuan ini untuk mengetasi banyak sekali jenis penyakit dengan menggunakan banyak sekali metode. Dan untuk jaman sekarang, sudah banyak produk dari pohon songga ibarat gelas atau cangkir, serbuk jamu, dan juga kemasan dari kayu songga yang bisa didapat secara online.

Obat herbal memang tidak lekang oleh waktu, selain minimnya pelayanan kesehatan pada pedalaman (pedesaan), masyarakat juga sulit untuk mengakses puskesmas dan unit kesehatan lainnya. Makara mau tidak mau mereka masih saja menggunakan pengobatan alternatif yang salah satunya ialah herba dari kayu songga. Nah, yang dipertanyakan disini yaitu : Apa saja sih Manfaat Kayu Songga untuk kesehatan? Yuk eksklusif saja simak daftar-daftar manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jamu kayu songga.

27 Manfaat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Sebagai antioksidan alami yang baik untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun tubuh khususnya bagi seorang perokok.
  2. Menyembuhkan malaria serta mengurangi efek yang ditimbulkan.
  3. Megontrol kadar gula darah yang juga sangat baik untuk terapi penyembuhan diabetes (kencing manis).
  4. Mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi) karena berkemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  5. Mengatasi anemia (kurang darah) karena mendukung tubuh untuk mempercepat produksi sel darah merah dalam tubuh.
  6. Mengatasi banyak sekali macam gangguan sistem pencernaan ibarat sembelit, menjaga kesehatan usus, dll.
  7. Membersihkan darah yang terkait dengan pencegahan penyakit kulit ibarat gatal dan bisa mebersihkan jerawat pada wajah.
  8. Menyembuhkan luka jawaban gigitan ular berbisa serta mengurangi dampak racun yang disebabkan.
  9. Mencegah ejakulasi prematur (lemah syahwat) khususnya bagi kalangan pria yang tidak normal akan kejantanan.
  10. Mengeluarkan cacing dalam perut (lambung dan usus) yang sangat baik untuk mengatasi cacingan.
  11. Penambah tenaga alami sehingga tubuh tidak lemah.
  12. Obat herbal untuk mengobati cacar air.
  13. Mempercepat penyembuhan dan penuaan bisul.
  14. Menambah dan mengembalikan selera makan khususnya bagi anda yang dalam masa pemulihan pasca sakit.
  15. Mengurangi dampak tubuh atau tubuh yang mengalami panas dingin.
  16. Meringankan gejala asam urat, rematik dan nyeri pada persendian.
  17. Terapi untuk menyembuhkan paru-paru basah.
  18. Mencegah terjadinya infeksi pada kandungan.
  19. Melancarkan produksi dan keluarnya ASI khususnya bagi kalangan ibu yang sedang menyusui.
  20. Melancarkan sistem pernafasan yang terkait penyembuhan asma (sesak nafas).
  21. Meringankan gejala panas dalam dan juga sakit pada tenggorokan.
  22. Mengatasi problem lambung dan mengurangi nyeri pada dikala sakit perut.
  23. Mengurangi gejala stroke.
  24. Obat alami untuk mengurangi sakit pinggang dan pegal linu.
  25. Mencegah terjadinya efek alergi pada kulit.
  26. Membantu mengurangi busuk tubuh berlebih.
  27. Mengatasi masalah kulit gatal bisa juga di sebabkan karena alergi debu atau lainnya harus sesuai kadar sesuai penggunanya.

Bagaiamana cara menggunakan kayu songga sebagai obat?
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapat manfaat dari kayu herbal gila ini. Salah satunya ialah dengan dijadikan sebuah gelas sehingga pemakaiannya bisa sangat abadi dan berkepanjangan. Meski jaman sudah serba canggih, namun penggunaan kayu songga masih tidak kalah dan tetap eksis hingga sekarang. Nah untuk menggunakan, cukup tuangkan air pada gelas dan diamkan beberapa menit sebelum diminum. Gunakan air cuek semoga gelas kayu bisa awet. Atau bisa juga dengan menelan biji buah songga sebanyak 3 biji secara eksklusif dan juga bisa dipadukan sebagai jamu dengan materi lain. Rasa yang sangat pahit, kadag orang akan enggan untuk meminumnya, namun alternatifnya bisa dihilangkan dengan buah asam atau abu kopi sebagai peredam rasa pahit.

Penggunaan untuk alergi kulit dan busuk badan, rebus kayu songga dengan air secukupnya hingga mendidih. Campur dengan air cuek hingga diperoleh air yang lebih hangat, selanjutnya bisa digunakan sebagai mandi.

Sekedar Himbauan, untuk pederita darah rendah dan mempunyai sakit maag. Alangkah baiknya jikalau tidak terlalu banyak mengkonsumsi ramuan ini. Karena ditakutkan akan menjadikan dampak yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel singkat mengenai 27 Manfaat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare jikalau artikel ini bermanfaat.
Terima kasih!

0 Response to "27 Manfaat Kayu Songga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment