Beranda · Share Manfaat ·

7 Manfaat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan

Kulit Melinjo mungkin belum dikenal secara umum karena belum pernah dipublikasikan dan diterangkan secara massal. Padahal bila kita ketahui, ada banyak sekali Manfaat Kulit Melinjo untuk kesehatan badan khususnya dalam mengatasi asam urat. Beberapa fungsi obat yang bisa diperoleh dari kulit melinjo diantaranya adalah untuk mencegah kerikil ginjal, nyeri pada persendian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan fungsi dan kegunaan kulit melinjo, berikut ini kami sudah menyediakan sedikit rangkuman terkait dengan apa yang sudah tertera pada judul diatas.

6  Kulit Melinjo Untuk Kesehatan
Kulit Melinjo

Siapa yang tidak tahu dengan buah melinjo, daging buahnya sering sekali kita jumpai dalam  bentuk kerupuk, emping atau dimakan secara eksklusif dengan cara dikukus. Memang pada daging bijinya dipercaya bisa meningkatkan asam urat, namun pada kulitnya malah menyimpan manfaat sebaliknya yaitu untuk mengatasi asam urat tersebut.

Apa saja kandungan gizi yang terdapat pada kulit melinjo?
Jika kami rangkum dari banyak sekali sumber, terdapat beberapa nutrisi yang tersimpan dalam kulit biji melinjo ini. Adapun kandungan tersebut berupa energi atau kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A, B1, dan C. Dalam takaran 100mg, terdapat : Energi = 111 kkal, Protein = 4,5 gr, Lemak = 1,1 gr, Karbohidrat = 20,7 gr, Kalsium = 117 mg, Fosfor = 179 mg, Zat Besi = 2,6 mg, Vitamin A = 0 IU, Vitamin B1 = 0,07 mg, dan Vitamin C = 7 m.

7 Manfaat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi asam urat dan segala gejala yang disebabkan menyerupai nyeri pada otot dan persendian.
  2. Menambah tenaga dan mengurangi rasa lelah akhir capek kerja.
  3. Menjaga kinerja otot dan ampuh untuk menjaga daya ingat (mencegah kepikunan dini).
  4. Menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga tidak mudah osteoporosis.
  5. Melancarkan sistem peredaran darah yang bisa mencegah hipertensi.
  6. Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kejernihan pandangan.
  7. Bisa di jadikan sebagai lauk dengan cara di tumis dan menghasilkan rasa yang unik.
Berdasar penelitian yang dilakukan, buah melinjo merupakan musuh berat bagi penderita asam urat bila dikonsumsi secara berlebihan. Namun dibalik itu kulit melinjo justru bisa dipakai untuk menyembuhkannya. Menurut Prof. Dr. H. Subandi, MSi dari Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang, dia menuturkan bahwa melinjo merupakan obat anti asam urat yang ampuh. Namun manfaatnya bukan pada daging, melainkan terletak pada kulitnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Sri Wulandari selaku Mahasiswa bimbingan Prof. Subandi menyatakan bahwa senyawa yang terkandung dalam kulit melinjo (Gnetum gnemon) bisa menghambat kinerja xantin oksidase-enzim pensintesis asam urat sehingga bisa mencegah penyakit asam urat (gout).

Sedangkan untuk mengolah biasanya kalangan masyarakat tertentu menjadikannya sayur dengan cara ditumis, diolah sebagai cemilan, Atau bisa juga dipadukan dengan materi herbal lain sebagai jamu tradisional.

Demikianlah artikel singkat terkait dengan 7 Manfaat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memiliki kegunaan bagi yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! 
Terima kasih!

0 Response to "7 Manfaat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan"

Post a Comment